Jumat, 25 November 2011

Iklan di Era New Media


Di era New Media telah lahir media online yang memberi banyak kemudahan bagi masyarakat. Media online menjadi menjadi sebuah trend yang menyebar dengan cepat di masyarakat. Pada masa ini hampir semua lapisan masyarakat menggunakan internet, entah untuk bersosialisasi maupun memperoleh informasi dan hiburan. Mengapa media online mengalami perkembangan yang begitu pesat? Hal tersebut disebabkan karena media online (internet) mampu memberikan informasi kepada masyarakat tanpa terhalang ruang dan waktu.

Indonesia merupakan salah satu negara pengguna internet paling banyak di dunia. Berdasarkan data yang diperoleh, Indonesia merupakan pengguna internet kelima terbesar se-Asia, pengguna Facebook kedua terbesar di dunia, pengguna twitter kelima terbesar di dunia, dan pengguna opera mini terbesar di dunia.

Melihat perkembangan ini tentu saja para pengiklan melihat ini sebagai sarana yang tepat untuk mengiklankan produknya. Selain itu alasan-alasan lainnya adalah karena media internet merupakan media dengan tarif murah dan jangkauan global. Selain itu, teknologi yang mendukung internet mampu menampilkan semua jenis informasi sehingga bisnis media online dan akses mobile semakin bertumbuh pesat.

Adapun karakteristik dari media online antara lain:
      - Ruang/tempat tidak terbatas
    - Penyajian bisa berbentuk teks, foto, video, audio maupun info grafik
      - Periodisasi terbit 60/24/7
      - Interaktif/forum/social network

Dengan karakteristik yang dimiliki media online tersebut, para pengiklan memanfaatkan hal tersebut untuk mengiklankan produknya sehingga dapat menjadi iklan yang efektif, efisien, dan dapat mencapai target konsumen sesuai dengan yang direncanakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar